Selain Wisma Atlet, Pemerintah Siapkan 15 Hotel untuk Isolasi Mandiri Pasien OTG Covid-19

0
115

9NEWS- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pasien bergejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG) yang terpapar Covid-19 tidak boleh melakukan isolasi mandiri di rumah. Pasalnya, mereka berpotensi menularkan ke anggota keluarga lainnya. Saat ini, pemerintah akan memfasilitasi para OTG ini.

“Agar tidak melakukan isolasi mandiri, ini juga penting, yang berpotensi menularkan kepada keluarga,” ujar Jokowi dalam pembukaan rapat terbatas laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dari Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/09/2020).

Untuk memfasilitasi pasien tanpa gejala Covid-19 ini, Jokowi menjelaskan, pemerintah telah menyiapkan tempat tambahan untuk isolasi. Mulai dari wisma atlet hingga hotel berbintang di Jakarta.

Jokowi meminta kesiapan pemerintah menyiapkan ruang isolasi harus terus disosialisasikan ke masyarakat. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir jika memerlukannya. Apalagi di Jakarta yang mengalami pelonjakan hingga ribuan kasus setiap harinya.

“Ini tolong disampaikan. Ada 15 hotel bintang 2 dan 3 di Jakarta dengan kapasitas 3 ribu, ini kita telah bekerja sama dengan grup-grup hotel yang ada,” tuturnya.

Jokowi secara khusus juga meminta Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melakukan audit dan koreksi mengenai protokol keamanan tenaga kesehatan dalam menangani pasien dengan kasus berat.

“Untuk kasus-kasus yang berat, saya minta Menkes segera melakukan audit dan koreksi protokol keamanan untuk tenaga kesehatan dan pasien di seluruh rumah sakit, sehingga rumah sakit betul-betul menjadi tempat aman dan tidak menjadi klaster penyebaran Covid,” tukasnya.(TYO)


BAGIKAN BERITA :