Pengacara Natalia Rusli Akhirnya Berbaju Tahanan Usai Serahkan Diri ke Polisi

0
2
Pengacara ternama Natalia Rusli akhirnya ditampilkan dipublik terkait kasus Dana Indosurya. (Foto: ninenews.id)

9NEWS- Tersangka kasus penipuan dan penggelapan, Natalia Rusli yang sebelumnya masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) menyerahkan diri ke Polres Metro Jakarta Barat.

Natalia Rusli ditampilkan ke publik dengan menggunakan kaos berwarna oranye dan pengawal polisi saat konferensi pers di Mapolres Metro Jakarta Barat Senin (27/03/2023).

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat, Kompol Andri Kurniawan mengatakan tersangka Natalia dilaporkan seorang wanita karena mengaku mengenal kuasa hukum Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Dalam menjalankan aksinya, tersangka Natalia menjanjikan bisa mencairkan aset koperasi milik korban dalam bentuk uang sekira 40 persen dan 60 persen dalam aset milik Indosurya.

“Peristiwa itu terjadi pada 16 April 2020 dan NR (Natalia Rusli) ini belum dilakukan sumpah sebagai advokat atau pengacara sesuai surat keterangan dari Pengadilan Tinggi Banten,” ungkap Andri dalam keterangannya, Senin (27/3/2023).

Dilanjutkannya, uang senilai Rp45 juta diserahkan korban ke tersangka Natalia Rusli pada bulan Juni 2020 lalu. Setelahnya, tersangka menyerahkan surat kuasa sebagai pengacara dalam perkara tersebut.

“Tapi sampai sekarang korban tidak menepati janjinya untuk bisa mencairkan koperasi milik korban,” ujarnya.

Diketahuim tersangka Natalia kemudian menyerah diri ke Polres Metro Jakarta Barat pada tanggal 21 Maret 2023 lalu. Dia dikenakan Pasal 378 tentang penipuan dan Pasal 372 tentang Penggelapan dengan ancaman hukum penjara empat tahun.


BAGIKAN BERITA :